Jumat, 20 November 2020

Menulis Momen Spesial

            Seorang guru tidak lepas dari kegiatan sehari-harinya yaitu mengajar. Selama proses mengajar kita tentunya menemukan berbagai macam hal-hal unik yang terjadi didalam kelas sebagai hasil interaksi timbal balik antara guru dan siswanya. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran tersebut sering kali kita lupakan. Kita menganggap itu hanya hal-hal yang biasa sehingga tidak menjadi fokus perhatian. Padahal, hal-hal unik itulah yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi bermakna.

 Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Bapak Munif Chatib tentang pentingnya bagi guru untuk menulis kejadian-kejadian unik saat mengajar. Hal ini beliau sampaikan melalui akun youtube dengan tema “Menulis Momen Spesial Saat Belajar.

Bapak Munif Chatib adalah seorang dosen di FKIP UNUSA Surabaya, Ceo Next Edu. Konsultan Pendidikan, Direktur Sekolah Model School Of Human Cibubur, dan Pengembang Multiple Intelligences Research (MIR). Beliau juga seorang penulis yang telah menerbitkan beberapa buku, diantaranya buku yang berjudul Sekolah Manusia, Gurunya Manusia, Orangtuanya Manusia, Sekolah Anak-Anak Juara, Guardian Angel dan masih banyak lagi.

 Bapak Munif Chatib menjelaskan, momen special adalah kejadian khusus yang terjadi dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa baik didalam maupun diluar kelas. Momen special mempunyai potensi akan masuk ke long term memory atau sesuatu yang dapat diingat dalam jangka waktu yang lama bahkan bisa menjadi hal yang tak terlupakan seumur hidup. Ada 5 alasan kenapa momen special masuk kedalam memory jangka panjang yaitu:

  1. First experience, kita tidak akan lupa pengalaman pertama yang pernah kita alami.
  2. Relevance, ada kemungkinan terjadinya hubungan antara topik materi yang kita ajarkan dengan kondisi siswa.
  3. Relevance, kejadian yang kita lakukan berulang-ulang.
  4. Emotional, melibat perasaan : bahagia, takut, benci, panic, terkejut dan lain-lain.
  5. Survival, mengajar yang mengandung unsur untuk bertahan dalam hidup atau terdapat kejadian yang tidak normal.

 Kita sebagai guru harus peka agar materi yang kita sampaikan masuk kedalam salah satu alasan momen special. Namun, apabila materi yang kita ajarkan tidak berkaitan kedalam 5 hal tersebut, maka ia tidak akan masuk kedalam long term memory.

 Momen special bisa meliputi banyak hal. Tapi ada 3 hal besar yang meliputi momen special yaitu:

  1. Perubahan Motivasi, semula tidak berminat menjadi berminat atau sebaliknya.
  2. Perubahan Kemampuan, semula tidak mampu menjadi mampu atau sebaliknya.
  3. Perubahan Sikap, semula tidak rajin menjadi rajin atau sebaliknya.

 Pada saat kita melaksanakan proses pembelajaran selalu terdiri dari 3 bagian yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Tiga tahapan ini punya peluang untuk terjadinya momen special yang bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk menulis. Oleh sebab itu, dalam kita mengajar kita harus peka dengan situasi dan kondisi, minimal saat kita mengajar ada satu momen special yang kita dapatkan.

 Mengapa momen special harus ditulis? Pertama, pembaca tak akan lupa seumur hidup karena masuk dalam memory jangak panjang. Kedua, berpotensi menjadi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi, dan dicari. Ketiga, mudah ditulis, artikel bebas, tidak ketat aturan artikel ilmiah.

 Bagaimana tahapan dalam menulis special momen?

  1. Catat/ rekam kejadian momen special pada saat terjadi jangan ditunda-tunda.
  2. Elaborasi, mencari data-data pendukung terhadapt momen special, data fakta, bertanya, imajinasil dan lain-lain.
  3. Menulis dalam bentuk artikel bebas.

 Dari beberapa hal yang disampaikan di atas, Bapak Munif Chatib menyimpulkan bahwa:

  1. Momen special dapat menggugah kita untuk menulis.
  2. Untuk awal tulis saja semampu kita tanpa kita khawatir salah dalam kaidah penulisan.
  3. Tuangkan semua kejadian special kedalam tulisan kita.
  4. Guru harus bisa memainkan 3 peran yaitu menjadi guru, orang tua, dan sahabat bagi siswa

Oleh sebab itu, marilah kita sebagai guru untuk selalu mendokumentasikan dalam bentuk tulisan berbagai macam momen special yang terjadi selama kita mengajar. Selain menjadi sebuah karya, tulisan mengenai momen special dapat dijadikan sebagai pedoman bagi kita untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermakna.

 Kritik dan Saran 👇😁🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Buka, Kok Lemas!

  Hal yang kita tunggu setelah berpuasa seharian adalah waktu berbuka. Dengan berbuka kita berharap dapat mengisi kembali energi yang hilang...