Rabu, 15 Juli 2020

Pembelajaran Jarak Jauh adalah Pembelajaran yang Justru Memudahkan

Semenjak virus corona menyerang Indonesia yang telah menimbulkan ribuan korban, beberapa Pemerintah Daerah memutuskan untuk meliburkan semua lembaga pendidikan untuk memutuskan rantai penyebaran virus tersebut. Namun, walaupun kegiatan belajar mengajar disekolah diliburkan tetapi proses belajar harus terus dilakukan walaupun dari rumah. Hal tersebut memaksakan para guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran harus kreatif dalam mencari solusi bagaimana baiknya proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh.

Berdasarkan hal tersebut OmJay mengundang seorang narasumber yaitu Bapak Indra Charismiadji untuk berbagi ilmu dengan para guru di dalam Group Whatsapp Belajar Menulis Gelombang 4 tentang Mendesain Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif. Bapak Indra adalah seorang pengamat dan praktisi pendidikan (spesialisasi pembelajaran abad ke 21) serta pengagas E-Sabak. Beliau sering diundang oleh beberapa TV Nasional sebagai narasumber terutama dalam membahas hal yang berkaitan dengan pendidikan. Beliau juga sering membagikan di WAG jadwal talkshow di TV apabila beliau diundang sebagai narasumber.

Bapak Indra menerangkan bahwa saat ini kebanyakan guru terlalu disibukkan dengan materi yang harus diajarkan Namun, apabila kita berpatokan pada 4 pilar pendidikan dari UNESCO yaitu Learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together proses belajar diarahkan pada bagaimana proses belajar itu dilakukan bukan pada apa yang diajarkan. Selanjutnya Bapak Indra menambahkan, pada pendidikan pada abad 21 semua materi telah tersedia di internet. Tetapi mengapa para guru harus terikat pada pembelajaran dikelas. Seharusnya proses pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah dimana saja.

Kolaborasi antara guru memang tidak dapat dipisahkan, namun perlu diingat bahwa peran guru hanyalah sebagai fasilitator, proses pembelajaran harus difokuskan pada siswa. Guru harus bisa mendorong siswa untuk belajar sendiri. Buat siswa skreatif mungkin.

Menurut Bapak Indra ada 3 hal yang menjadi framework dalam pendidikan yaitu:

  1.  Infrastruktur, apa yang kita gunakan dalam pembelajaran.
  2.  Infostruktur, setiap sekolah harus memiliki web untuk pembelajaran daring.
  3.  Infokultur, kultur era digital harus dibangun dan biasakan di lingkungan.

Ketiganya harus ada agar pendidikan diabad 21 berjalan dengan optimal. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan jarak jauh bukan mempersulit jalannya pendidikan. Justru pembelajaran jarak jauh adalah suatu bentuk proses pembelajaran yang memudahkan jalannya pendidikan di abad 21 yang menjadi siswa sebagai pusat belajar itu sendiri (student center learning).

Semoga dengan ilmu yang dibagikan oleh Bapak Indra Charismiadji dapat membuka pikiran kita sebagai guru bahwa pembelajaran jarak jauh justru memudahkan pekerjaan kita sebagai seorang guru.


Kritik dan Saran 👇😁🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Buka, Kok Lemas!

  Hal yang kita tunggu setelah berpuasa seharian adalah waktu berbuka. Dengan berbuka kita berharap dapat mengisi kembali energi yang hilang...